0
Lukunkreatif -Ternyata bukan hanya di Indonesia saja Kabupaten Kepulauan Meranti, menjadi daerah penghasil sagu terbesar, tetapi juga di dunia.

Bahkan kabupaten termuda di Riau itu menempati urutan ketiga terbesar sebagai daerah penghasil sagu. Hal itu terungkap saat simposium sagu internasional di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

‘’Rupanya, Meranti ini termasuk penghasil sagu yang ke tiga di dunia. Itu baru saya ketahui ketika mengikuti Simposium Sagu Internasional di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, belum lama ini. Di mana, pada waktu itu saya mengikuti langsung seminar itu. Dan saya kira ini sangat membanggakan bagi daerah kita ini,’’ ungkap Kepala Badan  Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (Ka BPMPPT) Kepulauan Meranti, Drs Teddy Mar, Kamis (26/1) kemarin.

Dikatakannya, dengan terbilangnya Kepulauan Meranti, sebagai penghasil sagu ketiga dunia, maka selanjutnya sektor inilah yang perlu diperhatikan dan dikembangkan secara baik serta maksimal nantinya.

Dengan begitu, dampak dari pengembangan dapat langsung dirasakan oleh daerah terlebih dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Kepulauan Meranti.

‘’Sektor perkebunan sagu ini memang perlu kita giring terus pengembangannya. Saya kira, kalau sudah diakui di tingkat internasional seperti itu sangat berdampak baik, terlebih bagi masyarakat. Bahkan saat itu (dalam simposium) kualitas produksi sagu juga ikut diperhitungkan. Jelasnya, ini prospek yang menjanjikan sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat,’’ sebut mantan Kabag Humas Setdaprov Kepri itu.

Menurut Teddy, dengan adanya pengakuan tersebut, secara tidak langsung sudah mengangkat citra Kepulauan Meranti, di kancah nasional, bahkan hingga internasional.

‘’Ini sudah termasuk cara yang baik dan efektif dalam mempromosikan berbagai potensi daerah kita. Terlebih bermanfaat dalam hal menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Meranti. Untuk itu, masyarakat diharapkan agar lebih giat lagi mengelola dan meningkatkan perkebunan sagunya masing-masing,’’ tuturnya.

sumber : riaupos.co

Posting Komentar

 
Top