0
Lukunkreatif - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, berencana bekerja sama dan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Bogor, Balitpalma, dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Hal itu dilakukan dalam upaya melakukan kajian dan penelitian dalam rangka varietas unggul sagu atau meningkatkan hasil produksi sagu Meranti dengan penanaman bibit unggul.

Seperti yang disampaikan Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan Nasir MSi, Ahad (29/4) kemarin kepada Riau Pos. Dia optimis nantinya untuk mendukung Meranti menjadi klaster sagu nasional, maka perlu di lakukan pembibitan unggul, terhadap tanaman sagu yang ada di seluruh wilayah Kepulauan Meranti.

‘’Penelitian yang dilakukan Balitbang Bogor, Balitpalma, dan IPB dalam rangka mengkaji bagaimana struktur lahan yang ada di Meranti dan tanaman sagu jenis apa yang cocok untuk menghasilkan produksi yang baik. Oleh karena itu MoU akan segera kita lakukan. Dengan begitu nantinya produksi hasil sagu kita akan lebih baik dan meningkat,’’ ungkap Irwan.

Menurut Irwan, dengan penelitian ini juga, untuk pengembangan ke depan, supaya lebih seragam seluruh kebun sagu unggul di Meranti. Untuk pengembangannya juga direncanakan akan dibuat kebun induk untuk pengembangan pembibitan unggul ini seluas 10 hektare.

‘’Kita akan lakukan pembudidayaan bibit unggul sagu ini seluas 10 hektare. Setelah itu baru kita kembangkan ke seluruh kebun sagu yang ada di Kepulauan Meranti yang kita targetkan nantinya mencapai 100 ribu hektare,’’ ujar Irwan optimis.

Disebutkannya, saat ini total kebun sagu yang ada di seluruh wilayah Kepulauan Meranti, seluas 51 ribu hektare. Jumlah itu sudah gabungan dari kebun sagu yang saat ini akan dikelola perusahaan Sampurna Agro dan kebun sagu milik masyarakat.

‘’Selain akan MoU dan membantu menurunkan tim ke Meranti untuk melakukan kajian, oleh Balitbang Bogor, Balitpalma dan IPB juga akan diwacanakan bisa sharing anggaran dengan kita untuk melaksanakan penelitian ini nantinya. Sehingga, dalam upaya meningkatkan hasil sagu dan menjadikan potensi sagu ini menjadi unggulan nasional bisa berjalan dengan baik. Tentunya itu semua bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kepulauan Meranti,’’ terangnya

sumber : riaupos.co

Posting Komentar

 
Top