1
Pondok Edukasi Kampung Lukun adalah tempat/wadah pengembangan ilmu pengetahuan yang didesain ramah lingkungan dan bersahaja yang terletak di desa Lukun. Pondok ini resmi beroperasi mulai tanggal 18 Juli 2016, beberapa hari sebelum itu pembangunan pondok ini tidak terlepas dari peran banyak pihak yang membantu seperti mahasiswa dan masyarakat, mulai dari penyediaan bahan baku hingga perampungan bangunan. 

Mengapa bentuk bangunan seperti ini?

Jika kita adalah seseorang yang berijazah SMA berarti kita sudah duduk di dalam ruangan yang tersusun rapi meja dan kursi, terus ada lemari di sudutnya selama 9 tahun. Rutinitas belajar mengajar terjadi di gedung tersebut sudah bertahun-tahun lamanya juga, Nah Tidak bosankah memandang bentuk bangunan/kelas yang sama setiap hari? kami rasa jawabannya adalah "iya, bosan".

Oleh sebab itu konsep bangunan dibuat sesederhana mungkin untuk memberikan kesan menyatu dengan alam sehingga menciptakan suasana yang berbeda. Bahan/material bangunan pondok terdiri dari pohon kelapa dan sagu yang merupakan tanaman yang banyak terdapat di Desa Lukun.

Tujuan Pendirian Pondok Edukasi

Biarlah para petinggi negeri ini hiruk pikuk di gedung cantik, dan cukup bagi kami hanya berteduh di pondok yang tidak terkurung baik ini. Menurunnya harga sejumlah komunitas seperti karet dan sagu yang merupakan mata pencaharian penduduk Desa Lukun membuat pergerakan perekanomian masyarakat kacau balau. Akibatnya, banyak masyarakat yang merantau ke negeri ringgit untuk mencari nafkah.

Menurunnya jumlah penduduk Desa Lukun yang menetap membuat remaja hilang aktivitas dan akhirnya terjerumus ke hal-hal yang negatif. Banyak sudah kejadian-kejadian yang tidak mempunyai nilai norma terjadi dan cenderung merusak diri sendiri juga orang lain. Jika ini terus dibiarkan, bak virus ganas yang menular dan akhirnya menghancurkan suspect itu sendiri. Tidak menutup kemungkinan beberapa tahun lagi kita bisa mengucapkan "good bye moral, welcome jahiliyah" kepada remaja/pemuda Desa. Apa yang akan terjadi? bisa dibayangkan.

Memang tidak mudah mengobati jangkitan virus ini yang sudah terlanjur merusak, atau bahkan mengubah virus jahat menjadi virus baik. Tapi insyaAllah, sekecil apapun usaha tidak akan menjadi sampah dan dibuang, berniat baik dan mengerjakannya saja sudah cukup memuaskan hati. Untuk hasil biarkan saja waktu yang menuturkan. 

Disinilah peran pondok edukasi yang diharapkan, mendorong remaja/pemuda cinta akan ilmu pengetahuan dengan cara membentuk komunitas. Untuk sementara ini fokus pondok edukasi adalah membangun wawasan berorganisasi kepada remaja/pemuda, mulai dari bagaimana beretika dalam organisasi hingga membuat organisasi terus berkembang. 

Apa target pendirian pondok edukasi?

Adalah sebuah statement yang isinya "Buat apa sekolah kalau ujung-ujungnya tetap main di hutan", menjadi sesuatu yang mengiang-ngiang di telinga mendengarnya. Harap maklum, untuk sebagian orang sentuhan ilmu di mindset mereka belum terjadi, dan juga sebuah statement lainnya "Jangankan menyekolahkan anak, makan sehari-hari saja susah", memang ada betulnya melihat perekonomian sekarang ini yang kacau.

Target 1, Berubahnya mindset masyarakat bahwa ilmu pengetahuan bukan untuk mencari kerja tetapi menjaga diri dari kebodohan yang secara tidak langsung akan berdampak juga akhirnya pada perekonomian.


Target 2. Masyarakat sadar bahwa menuntut ilmu tidak harus di sekolah/kampus, ilmu bisa dituntut di mana saja dan kapanpun. 

Target 3. Remaja/pemuda tau berorganisasi dan kreativitas tersalurkan

Target 4. Pondok edukasi menjadi besar dan sebagai model percontohan pengembangan ilmu pengetahuan berbasis komunitas. 

Target 5. Pencetus/penggerak inovasi dalam berbagai bidang

Terus apa saja program yang telah tertuang dalam agenda?

Pondok Edukasi mempunyai program-program unggulan yang sudah berhasil dijalankan dan juga yang masih diwacanakan. Adapun program yang sudah berjalan adalah :
No
Nama
Keterangan
Perkembangan saat ini
1
Pusat Kependidikan
Pendidikan bahasa Inggris
Diadakan setiap Selasa dan Rabu jam 14.30
Format pendidikan seperti les namun mengadaptasi konsep friend for friend dan sebisa mungkin menghilangkan kesan formalitas
Pustaka Mini
Pustaka terbuka 24 jam, buku bisa dibaca dan dipinjam
Pondok Edukasi menyediakan buku-buku anak dan umum sebagai bahan bacaan, saat ini buku yang sudah terkumpul sikitar 300 exempler berasal dari Pemerintah Desa Lukun dan Donatur/masyarakat.
Bimbingan Belajar
Melayani Setiap Hari
Tugas sekolah atau pertanyaan yang berkenaan dengan kependidikan bisa dikonsultasikan  di Pondok Edukasi, anggota Pondok Edukasi yang berkompeten di bidang tertentu akan membimbing anak-anak sekolah.
Les Komputer
Belum Berjalan
Memberikan pembelajaran/pengenalan ilmu komputer kepada masyarakat/pelajar agar tidak gagap akan teknologi komputer.
2
Pusat/posko Pergerakan Sosial
Penggalangan Dana
Standby
Aksi penggalangan dana dilakukan apabila ada kejadian luar biasa yang terjadi di dalam desa maupun luar desa.
Posko Kegiatan
Standby
Segala jenis kegiatan yang digerakkan oleh mahasiswa/pelajar atau anggota Pondok Edukasi berpusat di gedung Pondok Edukasi.
3
Pusat Teknologi Informasi
Pengembangan Website
Ter-update
Kampunglukun.com adalah salah satu website yang dikembangkan oleh Pondok Edukasi, konten website berisi segala jenis kegiatan/informasi yang berkaitan dengan desa Lukun.
Memproduksi Film
Sudah berhasil membuat sejumlah film
Untuk memanfaatkan teknologi informasi anggota Pondok Edukasi beriniatif membuat film pendek/dokumenter yang akan di ekspos ke banyak sosial media sebagai bentuk promosi desa Lukun dan hasil research
Liputan Kegiatan

Liputan kegiatan merupakan bentuk pengembangan potensi dan promosi budaya yang dilakukan tim Pondok Edukasi, liputan ini seperti liputan acara pernikahan, tabligh akbar, pengajian, tahlil kubur dll.
Sedang berjalan
Aktif Sosial Media
Ter-update
Tidak dipungkiri bahwa perkembangan zaman sudah memasuki era digital/internet, segala bentuk gadget sudah terhubung ke jaringan interkoneksi tersebut. Peluang ini kami manfaatkan dengan membuat berbagai akun sosial media resmi Pondok Edukasi untuk berkomunikasi seperti Facebook, Instagram dan Youtube
Galery Foto Sejarah Desa Lukun
Sedang mengolah dan mengumpulkan koleksi, ratusan gambar sudah terkumpul
Sejarah adalah hal penting yang harus tetap tercatat/terarsip karena dengan sejarah kita bisa belajar banyak hal, mulai dari untuk menambah pengetahuan sosial, lingkungan, adat dan budaya.
4
Pusat Penelitian dan Pengembangan
Pemanfaatan Limbah Sagu
Tertunda
Limbah sagu menjadi isu sensitif belakangan ini, pasalnya beberapa kilang sagu yang terdapat di Desa Lukun belum bisa mengolah limbah sehingga lingkungan menjadi tercemar. Kami mencoba melakukan beberapa percobaan untuk menemukan cara efektif memanfaatkan limbah sagu menjadi sesuatu yang berguna.
Pengembangan Tanaman Hidroponic
Pengembangan sedang berjalan
Tanaman yang berbentuk minimalis ini adalah hal yang baru di desa Lukun, bahkan pengetahuan mengenai tanaman ini masih asing bagi masyarakat. Untuk itu kami mencoba untuk mengembangkannya dan memperkenalkan kepada masyarakat.
Mengembangkan Tanaman Apotek Hidup
Pengembangan sedang berjalan
Apotek hidup adalah salah satu solusi bagi masyarakat desa untuk mendapatkan tanaman yang mempunyai kasiat obat-obatan. Tanaman ini seperti kunyit, lengkuas, sirih dll.
Mengembangkan Taman Bunga
Pengembangan sedang berjalan
Membuat taman bunga adalah bentuk peduli Pondok Edukasi terhadap lingkungan yang indah dan asri

Uji Coba Pembuatan Briket
Belum Berjalan

Sebagai bahan bakar alternatif, uji coba pembuatan briket rasanya cukup penting demi pengembangan ilmu pengetahuan.
 







Posting Komentar

 
Top