0
Foto : Rapat Pembentukan Hipmal 23 September 2009
Organisasi Himpunan Mahasiswa Lukun merupakan hasil buah pikir masyarakat dan di dukung oleh seluruh Mahasiswa. Memang pada awalnya organisasi ini tidak ada sedikit pun terpikir oleh masyarakat dan mahasiswa. Namun berkat pemikiran dan keinginan seorang tokoh masyarakat yang ingin mengembangkan sumber daya manusia di Desa Lukun, maka tercetuslah ide untuk membangun Desa Lukun dari terpurukan dan ketertinggalan, yaitu dengan membntuk sebuah organisasi yang menjadi wadah pemersatu kehendak masyarakat dan mahasiswa, yang sekarang terkenal dengan sebutan Himpunan Mahasiswa Lukun atau disingkat dengan HIPMAL.

Terbentuknya organisasi ini diawali oleh percakapan seorang tokoh masyarakat yaitu Bpk. Amran Aminuddin,[1]. Beliau adalah pelopor pertama mencetus organisasi ini. Beliau juga salah seorang percetus pertama dan bekeinginan untuk membentuk sebuah wadah di desa Lukun yang bertujuan untuk membantu anak-anak Desa Lukun dalam menuntut ilmu di luar daerah, kususnya bagi anak-anak yang akan melanjutkan perkuliahan di kota besar yaitu kota pekanbaru.

Maka pada satu hari terjadilah kesepakatan antara Bapak Amran Aminuddin dengan masyarakat dan Mahasiswa lainnya untuk membentuk sebuah organisasi yang akan diadakan di rumah kediaman Bapak Ahmad Basri dan dihadiri seluruh Mahasiswa dan Orang tua Mahasiswa Lukun pada pukul 09.00 WIB. tanggal 23 September 2009.
           
Setelah berbagai pertimbangan dan kesepakatan, maka dibentuklah Organisani yang diberi nama Himpunan Mahasiswa Lukun dan disingkat dengan nama HIPMAL. Setelah ditetapkan nama tersebut dilanjutkan dengan foto bersama di depan kantor kepala desa.
           
Tidak sampai disitu, pembentukan tersebut belum selesai, karena belum adanya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Penyusunan draf Anggara Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) tersebut tidak dilakukan di Desa Lukun, akan tetapi dilakukan di Pekanbaru yaitu di rumah pembina Hipmal, Bpk. Baharuddin, SE pada tanggal 11 Oktober 2009. Pada acara penyusunan tersebut dihadiri juga oleh Bapak kepala Desa Lukun A. Rauf, K, Pembina Hipmal Bpk. Baharuddin, SE, Ketua Hipmal terpilih Syamsul Rizal, S.Sos.I, Sekretaris Hipmal Syamsudin, Bendahara Hipmal Febrianti, dan pengurus Hipmal Lainnya, dan satu orang tokoh masyarakat Desa Lukun 1 yang turut hadir pada acara tersebut.
            
Pada acara rapat tersebut dipimpin oleh sekretaris HIPMAL, Syamsudin yang diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Salwani Yanti. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan pembina HIPMAL, oleh Bpk. Baharuddin, SE, sambutan Kepala Desa Bpk.  A. Rauf K. Setelah acara pembukaan dilaksanakan,  dilanjutkan dengan acara inti yaitu pembahasan mengenai Anggara Dasar dan Anggara Rumah Tangga (AD/ART). Diskusi pun berlangsung khidmat. Setelah hampir 2 jam, draf Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) pun selasai dikerjakan.
            
Maka mulai saat itulah Himpunan Mahasiswa Lukun (HIPMAL) mulai melaksanakan tugasnya sebagai abdi masyarakaat yang tujuannya untuk membantu meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat Desa Lukun dalam menimba ilmu di luar daerah.


[1] Beliau adalah tokoh masyarakat yang sangat berpengaruh terhadapap perkembangan Desa Lukun. Baliau juga sebagai Badal dilingkungan masyarakat Thariqah Qadariah

Posting Komentar

 
Top