0
SELATANJANG (RP) - Tahun 2013, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepuluan Meranti akan membangun empat roll of roll (roro) yang akan menjadi sarana penghubung antar pulau di kabupaten muda itu.
ilustrasi kapal roro

Keempat roro tersebut di antaranya, Rintis Desa Banglas Barat dengan Desa Lukun, Ketapang dengan Pelantai, Semukut dengan Mekong, dan Beran dengan Peranggas.



Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kepulauan Meranti H Fatur Rahman SH kepada sejumlah wartawan, Kamis (31/5) lalu di Selatpanjang. Dia mengatakan, Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan keempat roro itu akan dilakukan tahun 2012 ini.

‘’Tahun depan, tinggal pembangunan keempat pelabuhan roro itu saja. Sebab di akhir tahun ini kita akan lakukan perencanaannya melalui DED,’’ kata Fatur.

Menurutnya, dengan pembangunan sejumlah roro itu akan membuka jalur dari sejumlah daerah yang saat ini dalam kondisi terisolir, dan jauh dari pusat ibukota Kabupaten Selatpanjang. Jika sudah begitu maka nantinya percepatan pembangunan dapat dilakukan di seluruh wilayah kabupaten muda itu.

‘’Salah satu kendala lambatnya pembangunan dan perkembangan ekonomi masyarakat kita adalah karena belum terbukanya akses ke sejumlah wilayah di kabupaten kita yang terdiri dari pulau-pulau ini. Mudah-mudahan pembangunan empat roro yang akan menyatukan antar pulau dan kecamatan, serta desa itu dapat berjalan dengan baik dan lancar,’’ harap Kadishubinfokom Kepulauan Meranti itu optimis.

sumber : Riaupos.co

Posting Komentar

 
Top